Senin, 22 November 2010

positif dan negatif prilaku konsumtif

Kalian pasti sudah mengetahui istilah perilaku konsumtif dimana perilaku itu banyak dimiliki di negri ini, mengapa disebut dengan prilaku konsumtif ?

Beberpa pendapat mengenai arti dari konsumtif :

Cahyana (1995) memberikan definisi perilaku konsumtif sebagai tindakan yang dilakukan dalam mengkonsumsi berbagai macam barang kebutuhan.

Tambunan (2001) mengatakan bahwa perilaku konsumtif menunjukan pada perilaku konsumen yang memanfaatkan nilai uang lebih besar dari nilai produksinya untuk barang dan jasa yang bukan menjadi kebutuhan pokok.

Jadi konsumtif disini dapat banyak dilakukan dalam berbagai hal yang tujuan nya adalah untuk memenuhi suatu kebutuhan baik itu kebutuhan primer maupun tersier. Namun seiring dengan perkembangan zaman kebanyakan dari prilaku ini di lakukan hanya untuk memenuhi kepuasan dan untuk mengikuti tren masa kini atau boleh di katakan untuk menunjang penampilan luar atau bergaya dalam hal bermayarakat. hal ini banyak terjadi di lingkungan kita apalagi di tunjang dengan zaman globalisasi dan perkembangan teknologi yang begitu cepat. Untuk itu banyak masyarakat beranggapan bahwa bila banyak materi berarti hidup menjadi lebih terpuaskan atau terpenuhi.

Dalam pandangan yang luas negri ini juga terkenal dengan perilaku konsumtif dalam hal pemakaian sumber daya alam (SDA) salah satu contoh adalah pemanfaatan atau eksploitasi hutan yang sudah dalam keadaan bahaya atau kritis,dimana banyak sekali hutan yang di alih fungsikan hanya untuk kepuasan sekelompok orang. Untuk itu perilaku konsumtif seperti ini tidak di benarkan dan juga tidak dapat di salahkan, salah satu positif nya perilaku konsumtif adalah :

1.dapat terpenuhi nya kebutuhan hidup.

2. tidak ketinggalan zaman dalam hal perkembangan teknologi maupu industri.

3. membawa ke untungan bagi para produsen barang.

4. dapat membuka lapangan pekerjaan yang banyak sebab banyak nya inovasi atau kreasi baru yang bermunculan sehinngga banyak peluang usaha disana.

Namun untuk itu perilaku konsumtif juga dapat menimbulkan hal negatif seperti :

1. Berkurang nya jumlah bahan baku dari alam seperti gas, batu bara dan minyak bahan baku yang tidak dapat di perbaharui.

2. Terjadinya kesenjangan sosial yang tinggi sebab perilaku ini hanya mementingkan materi dalam hal bermasyarakat.

3. Timulnya sifat boros.

4. Gaya hidup mejadi bebas karena terbawa zaman globalisasi.

Dari semua penjelasan di atas kita sudah dapat membandingkan apakah kita termaksud dalam orang yang konsumtif. Jadi baik buruknya perilaku konsumtif itu adalah dari jiwa masing-masing individu tersebut.karena banyak hal yang dapat kita lihat dan kita bandingkan di lingkungan sekitar kita Namun dalam agama kita juga di ajarakan bahwa perilaku konsumtif atau belebih lebihan tidak lah bagus. Semoga pembaca dapat memahami dan mendapat pelajaran dari tulisan ini terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar