Kamis, 30 September 2010

Keterkaitan dan Implementasi dari Grafik Komputer dan Pengolahan Citra dari Game Technologi

Pada saat sekarang ini perkembangan teknologi semakin cepat dan semakin pesat yang mengakibatkan lingkungan di sekitar kita mewajibkan dan mendorong kita untuk selalu mengikuti perkembanganya, salah satu contoh yang dapat kita ambil adalah perkembangan dalam dunia komputerisasi, dimana hampir setiap orang telah memiliki PC (personal computer ) keterkaitan dalam hal ini adalah munculnya game – game canggih mulai dari gambar yang hampir nyata dengan aslinya sampai game yang dapat dimainkan banyak orang dalam waktu yang bersamaan ( game online ).

Perkembangan game sendiri dimulai Pada tahun 1972 ini, sebuah perusahaan bernama Magnavox meluncurkan video game pertama, yaitu Odyssey. Game ini berjenis 2D terus berkembang hingga membuat game jenis 3D.

Dalam perkembangan pembuatan game ini ilmu yang di pakai adalah GRAFIK KOMPUTER .

Grafik komputer adalah merupakan cabang dari ilmu computer yang berkonsentrasi kepada pengolahan gambar atau manipulasi gambar secara digital. Grafik computer berawal dari bentuk yang sederhana yaitu 2D. Saat ini teknologi semakin maju, bentuk sederhana dari grafik computer, yaitu 2D berubah menjadi 3D. Ilmu grafik computer ini sangat berguna untuk memvisualisasikan benda-benda yang nyata menjadi benda grafis. Bahasa yang lebih mudahnya yaitu menggambarkan benda nyata dalam bentuk tiruan grafis, seolah-olah gambar itu ada dan nyata.

Dari dari disiplin ilmu grafik computer itu sendiri memiliki bagian yaitu :
• Geometri : yaitu ilmu untuk mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
• Animasi : yaitu ilmu untuk mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
• Rendering : yaitu ilmu untuk mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
Citra (Imaging): yaitu ilmu untuk mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.

Citra itu sendiri dihubungkan lagi dengan Sampling Kuantisasi dan Derau

Citra adalah gambar dua dimensi yang dihasilkan dari gambar analog dua dimensi yang kontinu menjadi gambar diskrit melalui proses sampling.

Gambar analog dibagi menjadi N baris dan M kolom sehingga menjadi gambar diskrit. Persilangan antara baris dan kolom tertentu disebut dengan piksel. Contohnya adalah gambar/titik diskrit pada baris n dan kolom m disebut dengan piksel [n,m].

Ø Sampling

Sampling adalah proses untuk menentukan warna pada piksel tertentu pada citra dari sebuah gambar yang kontinu.

Pada proses sampling biasanya dicari warna rata-rata dari gambar analog yang kemudian dibulatkan.

Proses sampling sering juga disebut proses digitisasi.

Ø Kuantisasi

Ada kalanya, dalam proses sampling, warna rata-rata yang didapat di relasikan ke level warna tertentu.

Ø Derau

Derau (Noise) adalah gambar atau piksel yang mengganggu kualitas citra. Derau dapat disebabkan oleh gangguan fisis(optik) pada alat akuisisi maupun secara disengaja akibat proses pengolahan yang tidak sesuai

Jika sudah mengeahui cara dan ilmu yang dipaai dalam pembuatan computer, maka kita tinggal melihat computer kita sendiri apakah memungkinkan untuk digunakan dalam bermain game yang akan kita mainkan..

Spesifikasi computer yang digunakan agar gambar dan tampilan terlihat nyata dan jelas seperti aslinya kita harus mempunyai minimal :

  • Memori (RAM) minimal 1GB
  • HDD minimal 80GB
  • VGA minimal menggunakan Nvidia series atau bukan on board minimal 1GB.
  • Prosesor intel centrino Boleh juga menggunakan prosesor AMD yang memang di spesifikasikan khusus untuk game karena tidak mudah cepat panas.

Dari semua penjelasan diatas semoga anda dapat mengerti game apa yang cocok untuk di mainkan di computer anda.